|
Pembahasan Topik PMM |
A. Pengertian Disiplin Positif
Disiplin positif adalah menumbuhkan disiplin yang didorong dalam diri anak tanpa hukuman dan hadiah.
B. Tujuan Pelatihan
Adapun tujuan dari pelatihan topik disiplin positif adalah:
- Menstimulasi konsep disiplin diri pada murid untuk merdeka belajar
- Pemahaman konsep budaya dan lingkungan positif yang mendorong tumbuh kembang murid
Pada modul 1 Bolehkah Memaksa, mempelajari beberapa materi antara lain:
- Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa
- Motivasi Perilaku Mengindari Rasa Sakit/Hukuman
- Motivasi Perilaku Menginginkan Hadiah atau Pujian
- Motivasi Perilaku Menghargai Diri
Berikut ini adalah referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Disiplin Positif Modul 1: Bolehkah Memaksa yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan bapak dalam menjawab Post Test.
Soal dan Kunci Jawaban Post Tes Topik Disiplin Postif Modul 1: Bolehkah Memaksa
1. Simak percakapan berikut ini.
“Kalau sudah besar kamu ingin menjadi apa, Nadia?”
“Aku ingin menjadi dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku.”
Alasan Nadia untuk menjadi dokter merupakan contoh dari...
Jawab : Menjadi orang yang diinginkan
2. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin diri adalah...
Jawab : Berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yang mereka buat
3. Perilaku memaksa TIDAK efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena...
Jawab : Bersifat eksternal
4. Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya. Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Namun, karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad. Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam berperilaku?
Jawab : Menjadi orang yang diinginkan.
5. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, KECUALI...
Jawab : Apa pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?
6. Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna di rapor. Manakah alasan berikut ini yang bisa membuat Andi senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade sains?
Jawab : Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat
7. Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena...
Jawab : Semua jawaban benar
8. Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru ke murid?
Jawab : Mengurangi nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugas
9. Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang BUKAN merupakan contoh dari membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
Jawab : Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positif
10. Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini, manakah yang BUKAN merupakan alasan manusia dalam berperilaku?
Jawab : Mendapatkan kebahagiaan
0 Komentar