Advertisement

Jawaban Latihan, Cerita Reflektif dan Post Tes Modul 1 - Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Modul 1 Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Tujuan Pembelajaran Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C.

  • Berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu pendidik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
  • Meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
  • Sebelum mempelajari topik ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu topik Kurikulum sebagai konsep dasarnya.

Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Visi dan Misi Satuan Pendidikan

Latihan Pemahaman :

1. Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu:

Jawab : Visi tidak harus ideal

2. Budaya sekolah ditentukan oleh:

Jawab : Perwakilan seluruh warga sekolah.

Cerita Reflektif : Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?

Jawab : Menurut saya, sekolah impian adalah sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter. Dimana proses menguatkan nilai budi pekerti dan nilai-nilai moral menjadi hal yang wajib dilakukan pada dunia pendidikan.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

Latihan Pemahaman :

1. Sebelum merumuskan Tujuan Pembelajaran kita perlu

Jawab : Semua benar

2. Apa langkah pertama yang perlu dilakukan saat merumuskan ATP?

Jawab : Memahami CP dan karakteristik mata pelajaran

Cerita Reflektif : Hal apa yang membuat Ibu dan Bapak Guru menyukai mata pelajaran yang saat ini diampu?

Jawab : Saya mengampu mata pelajaran TIK, dimana para siswa sudah sangat familiar dengan perkembangan teknologi. Tetapi kebanyakan siswa hanya tahu sebatas "Bagaimana cara menggunakannya". Namun tidak bagaimana sisi positif dan negatifnya secara detail, misalnya "Pencurian Data" dan lain sebagainya. Nah, hal inilah yang membuat para siswa bersemangat untuk berdiskusi dan literasi. Itulah yang saya sukai dari mata pelajaran saya.

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran  Modul 1

1. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:

  1. Wawancara.
  2. Pemilihan informasi yang relevan.
  3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
  4. Merumuskan misi sekolah.
  5. Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....

Jawab : 1,2,3,5,4

2. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah.

Jawab : Benar

3. Perhatikan beberapa komponen berikut:

  1. Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran
  2. Menguraikan Capaian Pembelajaran
  3. Menentukan Tujuan Pembelajaran
  4. Menentukan metode pembelajaran
  5. Memahami isi CP
  6. Menentukan rencana asesmen

Urutan yang direkomendasikan dalam membuat perencanaan pembelajaran dari Capaian Pembelajaran adalah...

Jawab : 5-2-1-3-6-4

4. Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah...

Jawab : Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama

5. Bu Ika adalah seorang guru Sejarah. Ia sedang menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk materi “Kerajaan Islam”. Dalam melakukan hal ini menurut Bu Ika peserta didik perlu belajar “menganalisis kerajaan islam dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global”. Hal ini artinya Bu Ika memahami bahwa dalam penyusunan ATP harus mempertimbangkan.

Jawab : Cakupan dan keluasan TP

6. Perhatikan pengaturan waktu belajar yang disusun berikut:

  1. Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA akan diajarkan dari jam 07.00- 12.00 dalam semester 1
  2. Dalam satu tahun ajaran, pembelajaran IPS dibagi ke dalam 4 waktu (masing-masing 3 bulan). Mata pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi akan diajarkan secara bergantian di setiap semester. Semester 1 untuk Geografi dan Sejarah. Pada semester 2 untuk mata pelajaran Ekonomi dan Sosiologi.

Pengaturan waktu belajar seperti diatas merupakan contoh pengaturan belajar dengan model.

Jawab : Blok

7. Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk mewujudkan hal tersebut , kecuali

Jawab : Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

8. Bu Meiske adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:

  1. sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;
  2. sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;
  3. semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
  4. sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.

Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?

Jawab : Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.

Urutan nomor soal dapat berbeda pada setiap akun PMM Bapak/Ibu, karena soal yang muncul akan diacak. Oleh karena itu telitilah dalam membaca soal. Semoga Bermanfaat!

Berikan Komentar Anda

0 Komentar

Advertisement